Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puluhan TKA Dipekerjakan di PT Nusa Solar Indonesia Kabil Diduga Menyalahi Aturan


Batam ! Juruwarta online.com

Puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang dipekerjakan di PT Nusa Solar Indonesia yang berlokasi, Jalan Mas Surya Negara Vlll No 10, Kawasan Industri Terpadu Kabil, Kel, Batu Besar, Kec, Nongsa, Batam, diduga menyalai aturan.


Pada hari Kamis, 12/09/2024, pukul 12.00 Wib, awak media juruwartaonline.com dan rekan media online lain ingin mencoba konfirmasi kepihak managemen PT. Nusa Solar Indonesia Kabil, terkait hal tersebut, namun sebelum memasuki gedung Perusahaan salah satu dari pihak keamanan PT. Nusa Solar yang sedang bertugas berinsial (S) bertanya ke para awak media,

" Bpk dari mana ya dan tujuannya apa" 


Salah satu rekan awak media menjawab, " kami dari Wartawan media online, ingin konfirmasi ke pihak managemen PT Nusa Solar Indonesia terkait adanya informasi yang kami dapatkan, adanya dugaan TKA yg dipekerjakan di PT Nusa Solar Indonesia ini, telah menyalai aturan", terangnya.


Lalu pihak keamanan menyampaikan, 

" Karena ini Kawasan terpadu, sebaiknya, jumpa dulu dengan manager Keamanan Kawasan", jelasnya. 


Sebelum melangkah memasuki Area PT Nusa solar Indonesia, awak media lebih dahulu menanyakan ke beberapa buruh yang kebetulan keluar dari area perusahaan untuk istirahat makan siang.

" Bang mau nanya di PT Nusa Solar Indonesia ini banyak TKA Asing dipekerjakan ya".

" Banyak Bang" jawab buruh tersebut dengan polosnya.


Selanjutnya sesuai arahan dari pihak keamanan PT Nusa Solar Indonesia, awak media melangkah menuju kantor kawasan dan bertemu dengan seseorang manager (tidak mau disebut namanya), dan kami para awak media disambut baik oleh manager kawasan tersebut.


Lalu menyampaikan tujuan dan kehadiran kami bertemu manager Kawasan dengan harapan, manager kawasan dapat memfasilitasi kami para awak media bisa bertemu langsung ke pihak managemen PT. Nusa Solar Indonesia, untuk mendapatkan jawaban atas konfirmasi yang akan kami sampaikan nantinya ke pihak perusahaan, terkait apa yang kami dengar dari masyarakat, sesuai judul berita ini, dan kami para awak media membutuhkan jawaban dari pihak managemen PT Nusa Solar Indonesia, agar berita selanjutnya sebelum dipublikasikan kepublik berita yang berimbang.


Menjelang berjalannya waktu, terdengar oleh awak media, seseorang menghubungi manager kawasan, menurut manager bernama (Lusi) wanita pemandu bahasa khusus TKA yang dipekerjakan di PT Nusa Solar Indonesia Kabil.


Dari hasil komunikasi lewat HP Manager Kawasan dengan (Lusi), kami mendengar adanya bahasa yang dilontarkan ke manager, bahwa semua TKA yang dipekerjakan di PT Nusa Solar Indonesia Kabil memiliki Kitas.


Menurut kami sebelumnya manager kawasan sudah menyampaikan ke pihak managemen PT Nusa Solar Indonesia perihal tujuan kedatangan kami para awak media untuk konfirmasi.


Adapun jawaban yang disampaikan (Lusi) wanita pemandu Bahasa TKA tersebut adalah jawaban yang tidak mendasar dan memuaskan hanya jawaban sepihak saja. 


Untuk selanjutnya kami akan meneruskan pemberitaan ini ke pemerintah kota maupun Kepri, Imigrasi, Disnaker, DPRD, maupun Kepolisian terkait dengan hal ini. agar dapat di tindak lanjuti.



Penulis : ros.htb

Post a Comment for "Puluhan TKA Dipekerjakan di PT Nusa Solar Indonesia Kabil Diduga Menyalahi Aturan "