Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kapolda Kepri Dampingi Wapres RI Saat Resmikan Pasar Encik Puan Perak di Tanjung Pinang


Tanjungpinang, juruwartaonline.com Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., dampingi Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin, beserta Ibu Wapres, dalam meresmikan Pasar Encik Puan Perak di Tanjungpinang. Pada hari Senin (9/9/2024). 


Acara ini turut dihadiri oleh Dirjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga Robikin Emhas, Staf Khusus Wapres Arif R. Marbun, Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad, S.E, M.M., Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Jimmy Ramos Manalu, S.Hub.Int., M.H.I., Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, S.E., Kepala Staf Komando Armada I Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, S.E. M.Si., M.Tr.Opsla., Kabinda Provinsi Kepri Brigjen TNI Bonar Panjaitan S.E., M.Si., serta PJU Polda Kepri bersama unsur Forkopimda Kepri lainnya.


Kegiatan diawali dengan penjemputan Wapres RI di Lanud Raja Haji Fisabilillah, sebelum beliau menuju Pasar Encik Puan Perak untuk menghadiri acara peresmian pasar tersebut. Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tanjungpinang yang tetap hadir meski cuaca kurang mendukung. Gubernur juga mengajak seluruh pihak untuk terus meningkatkan UMKM lokal guna memperkuat perekonomian di wilayah Kepulauan Riau.


Selanjutnya, ditampilkan video pembangunan Pasar Encik Puan Perak serta proyek pembangunan infrastruktur Jalan Daerah Kepulauan Riau.


Dalam sambutannya, Wapres RI K.H. Ma'ruf Amin menegaskan bahwa pasar ini akan menjadi pusat penggerak ekonomi lokal sekaligus mendukung perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut. Pasar yang telah direvitalisasi ini diharapkan memberikan fasilitas modern, lingkungan yang bersih, serta akses mudah bagi masyarakat.


Pasar Encik Puan Perak sebelumnya dikenal sebagai Pasar Baru Tanjungpinang, pasar tertua di kota ini. Setelah mengalami keruntuhan pada salah satu bangunannya pada Maret 2022, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera melakukan rehabilitasi. Proyek renovasi dimulai pada November 2022 hingga selesai pada Desember 2023 dengan nilai anggaran Rp79,6 miliar, menghasilkan tiga blok bangunan yang mampu menampung 785 pedagang.


Wapres Ma'ruf Amin juga menyoroti potensi Tanjungpinang di sektor industri hasil laut dan pariwisata bahari, menjadikan pasar ini strategis dalam distribusi produk lokal. Ia berharap pasar ini tidak hanya berfungsi sebagai pusat ekonomi lokal, tetapi juga mampu bersaing di tingkat global, seiring dengan upaya pemerintah membangun dan merenovasi 62 pasar rakyat di seluruh Indonesia.


Setelah acara selesai, Wapres RI beserta rombongan kembali ke Lanud Raja Haji Fisabilillah untuk melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Bangka Belitung.


Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi lokal dan memperkuat Tanjungpinang sebagai pusat perdagangan di Provinsi Kepulauan Riau.


Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store. /jbd/

Post a Comment for "Kapolda Kepri Dampingi Wapres RI Saat Resmikan Pasar Encik Puan Perak di Tanjung Pinang"